Thursday, January 31, 2008

Mencari Arti Jalan di Amerika

Mencari Arti Jalan di Amerika

Bagi kita di Indonesia, hampir tak ada orang mempermasalahkan atau menanyakan arti nama jalan. Maksudnya gimana sich… Begini kira-kira, karena memang pengetahuan ini bukan didapat dari pelajaran tapi sekedar pengamatan saja. Di Amerika Serikat, kelihatannya ada suatu pengertian tentang arti jalan yang sudah terpateri dan diterapkan.

Kalau kita ingin menunjukkan suatu jalan besar di kota besar, katakanlah jalan utama yang tiap orang kenal, maka jalan ini biasanya diberi nama Avenue. Contohnya 5th Avenue di kota New York atau Independence Avenue di Washington. Kalau jalan itu cukup besar dan lalu lintas ramai, atau jalan yang menghubungkan antar kota kecil, namanya cukup Road, misalnya River Road, di Bethesda, Maryland, atau York Road, untuk menunjukkan jalan ke York dari Carlisle. Kalau jalan dalam kota saja, cukup street, ini umum dijumpai dimana-mana.

Kalau sebuah jalan di kompleks perumahan, biasanya, namanya diakhiri dengan Drive, yang bisa digunakan melintas atau Court yang maksudnya buntu karena sampai di ujung kita akan melingkar lagi. Meskipun ada juga perumahan yang memasang nama street, avenue atau boulevard. Suka-suka mereka saja, karena di Indonesiapun ada juga orang menggunakan nama jalan di perumahan dengan Boulevard.

Nah, kalau jalan antar kota,biasanya namanya High Way. High Way, sesungguhnya terbagi dua, yaitu yang melintang arah barat ke timur atau timur ke barat, selalu dengan angka genap, contohnya High Way 76, yang menghubungkan antara Philadelphia dan Pittsburg. Kalau High Way yang menghubung antara utara dan selatan atau sebaliknya, diberi angka ganjil, misalnya High Way 95, yang menghubungkan antara Miami dan New York di pantai timur. Jadi, kalau kita ke sasar dan tidak membawa GPS, lihat saja, arah nama jalan. Kalau namanya 76 East, berarti kita menuju timur, kalau 76 West berarti kita menuju barat. Sedangkan kalau 95 South, artinya kita bisa kesasar sampai Disneyland, Orlando, kalau 95 North kita ikuti terus, alamat kita sampai di perbatasan Kanada.

Kalau jalan Tol apa ada? Ya ada…biasanya di High Way disebutkan, partially Toll road, misalnya jalan ke New York dari Pittsburg, sebelum masuk New York kita harus bayar. Tapi murah, jangan kawatir. Tidak mencekik leher, paling mahal sekitar 6 dollar. Baik buruknya jalan, atau mahal murahnya jalan tol, menunjukkan juga tingkat kekayaan atau kemakmuran negara bagian tersebut. Semakin mahal bayar tol nya, berarti semakin miskin negara bagian tersebut.

Terakhir, ada jalan yang ditunjukkan dengan nama US, misalnya US1, adalah jalan di pantai timur sebelah utara, yang menuju selatan tapi bukan High Way. Atau US30 yang menghubungkan Lancaster di Pennsylvania. Ini merupakan jalan utama sebelum era High Way dimulai. Jalan-jalan ini masih berfungsi dengan baik dan sama mulusnya dengan High Way, hanya ada lampu stop light di beberapa perlintasan. Yang agak aneh, adalah nama jalan yang diakhiri dengan Pike. Ini kelihatannya menunjukkan jalan yang menghubungkan suatu kota. Kalau dari kota Lancaster, kita lihat nama jalan adalah Harrisburg Pike, maka artinya jalan tersebut menuju Harrisburg. Mungkin di Indonesia seperti kalau di Jakarta kita menuju Bogor, namanya Jalan Raya Bogor. Tapi kalau jalannya ditambah, ada kata Turn, misalnya Penna Turnpike, itu dimaksudkan suatu jalan menuju High Way.

Semoga saja menambah pengetahuan. Kalau kelihatannya anda bingung, jangan berkecil hati, itu tanda-tanda anda mulai mengerti. Selamat berJALAN-JALAN

No comments: