Thursday, January 31, 2008

GPS baru….?

GPS baru….?

Kalau di Jakarta kita tersesat masih bisa tanya pada orang lain yang kita temui, baik itu tukang ojek atau penjual Koran di perempatan. Nah kalau kita tersesat di Amerika kita tanya siapa? GPS…..

Di Jakarta pemasangan GPS masih barang baru dan langka,. Kota –kota lain di Indonesia bahkan belum mendapat kesempatan karena memang tak banyak investor yang mau memnanamkan uangnya di bisnis ini. Kenapa,…..? jawabannya jelas……masyarakat kita masih mau tolong menolong membantu orang yang tersesat di jalan. Jadi, kalau ada yang berinvestasi di bidang ini, tentu fokusnya kota besar karena memang pasarnya di sana.

Berbeda di AS, saat di AS hampir semua mobil pakai GPS, bahkan kini ada perkembangan terbaru dari GPS yang kita kenal selama ini. Memang GPS yang kita kenal selama ini terkadang mengharuskan kita menengok dan terganggu dengan suara instruksi penunjuk arah. Sebagai gantinya, GPS baru ini menuntun kita dengan gambar maya di kaca mobil kita yang merupakan serangkaian cermin yang dipasang di dashboard mobil digabung dengan teknologi laser.

Jadi, setelah kita memasukkan alamat tujuan, di kaca mobil akan tampak jalur yang harus ditempuh menuju sasaran. Persoalannya kalau diaplikasikan di Indonesia gimana ya….soalnya khan macet terus di jalan, bukankah pandangan ke depan juga menjadi sangat terbatas…?ada yang mau invest teknologi ini di Indonesia?

No comments: